Rabu 10 Jan 2018 08:48 WIB

Dubes: Tim Debat Indonesia Membanggakan di Meksiko

Berdebat (ilustrasi)
Foto: technode.com
Berdebat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA MEKSIKO - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, mengatakan meski Tim Debat Indonesia tidak menyabet juara, namun prestasi mereka sangat membanggakan. Apalagi dengan dikibarkannya bendera Merah Putih saat babak final.

"Saya bangga ada mahasiswa pendebat (debater) Indonesia diakui terbaik di kelasnya, partisipasi mereka dalam debat kompetitif menunjukkan mahasiswa Indonesia berpandangan kritis, namun bertanggung jawab atas pendapatnya," ujar Dubes Yusra Khan usai menyaksikan Tim Indonesia yang berlaga pada babak final World Universities Debating Championship (WUDC) 2018 di gedung Teatro de la Ciudad Esperanza Iris, Kota Meksiko Ahad (7/1) lalu.

Pensosbud KBRI Meksiko City Febby Fahrani, Rabu (10/1), mengatakan Tim Debat Indonesia telah mengikuti WUDC sejak tahun 2006. Pada penyelenggaraan ke-38 di Kota Meksiko, Tim Debat Indonesia mengikuti ajang kompetisi antaruniversitas yang mempertemukan sekitar 315 tim terbaik dari 61 negara dari berbagai universitas di seluruh dunia.

Indonesia mengirimkan 13 tim yang terdiri dari 26 peserta dari Universitas Indonesia, Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Negeri Malang, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Brawijaya.

Bertempat di Universidad Tecnológico de Monterrey kampus Sante Fe dan Club de Banqueros de México, Tim Debat Indonesia bertanding tidak hanya mengasah kemampuan komunikasi berbahasa Inggris tapi juga berpikir kritis dan wawasan internasional. Para debater dituntut untuk menguasai segala macam topik yang diberikan beragam.

Rachmad Nurcahyo, Dosen Universitas Negeri Yogyakarta, bertugas mewakili Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI mengatakan sejak tahun 2009, Kemristekdikti RI memfasilitasi tim debat terbaik Indonesia dari seleksi nasional untuk berlaga di WUDC.

Menggunakan sistem British Parliamentary, dalam WUDC 2018 yang berlangsung sejak 27 Desember lalu hingga 4 Januari dipertandingkan debat untuk tiga kategori, yaitu English as a Primary Language (EPL), English as a second Language (ESL), dan English as a Foreign Language (EFL). Tim Debat Indonesia, yaitu Tim UI-A terdiri dari Regina Cara Riantoputra dan Alif Azhadi Taufik, masuk dalam kategori ESL. Sementara tim lainnya di kategori EFL. Meski tidak menang, prestasi debater muda Indonesia sangat membanggakan.

Menurut Nur Rifai Akhsan, wakil Kemristekdikti, Indonesia sudah tidak lagi menjadi negara yang hanya ikut dalam WUDC. Setiap tahun, Indonesia selalu memperoleh penghargaan. Dalam WUDC 2018, Regina Cara Riantoputra (Tim UI-A) terpilih dalam Top Ten ESL Best Speaker, Dhanny Lazuardi Ramadhan (Tim UGM sebagai EFL Best Speaker ke-2, dan Noel Hasintongan (Tim UGM) EFL Best Speaker ke-4.

Tidak hanya itu, dalam WUDC 2018, Tim UI-A dan Tim UGM berlaga sampai ke Perempat Final ESL, Tim UI-B, Tim UI-D, dan Tim ITS masuk ke babak Semi Final EFL, dan Tim Binus ke Babak Final EFL. "Hal ini membanggakan sekaligus menjadi tantangan untuk tahun mendatang," ujar Nur Rifai Akhsan dari Universitas Ahmad Dahlan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement