Ahad 25 Feb 2018 04:26 WIB

Mosaik Romawi Kuno Ditemukan di Inggris

Mosaik tersebut diyakini merupakan salah satu yang tertua dan berasal dari abad perta

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Israr Itah
Mosaik (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Mosaik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATH -- Sebuah mosaik ditemukan di sekitar pemandian Romawi di kota Bath, Inggris. Mosaik tersebut diyakini merupakan salah satu yang tertua dan berasal dari abad pertama.

Mosaik tersebut ditemukan pada saat sedang dilakukan ekskavasi untuk perluasan area publik di kota tersebut. Benda bersejarah tersebut ditemukan oleh relawan arkeologi, Fiona Medland.

Penemu mosaik tersebut, Fiona, merupakan bagian dari Masyarakat Arkeologi Bath & Camerton (BACAS). Ia dan timnya membantu arkeolog profesional yang melakukan ekskavasi di wilayah tersebut.

"Penemuan mozaik itu adalah sebuah keberuntungan. Saya pikir itu hanya ambang pintu sampai akhirnya kering dan terlihat seluruhnya berupa batu-batu. Saya lalu membersihkannya dan terkejut mengetahui itu adalah mosaik," kata Fiona, seperti dilansir dari Smithsonian, Sabtu (24/2).

Mosaik itu berwarna kekuning-kuningan, terbuat dari bebatuan kecil. Fiona menemukan mosaik tersebut di lantai ruangan bangunan Romawi. Bentuk mosaik tersebut masih jelas dan hanya sedikit batu yang sulit dikenali.

Orang-orang Romawi biasanya menggunakan mosaik sebagai hiasan rumah atau bangunan publik. Biasanya dijadikan hiasan bagian lantai bangunan.

Mosaik biasanya dibuat di dalam fondasi sebuah bangunan. Hal itu membuat karya seni tersebut bisa tersimpan dengan aman dan bertahan dalam waktu yang lama.

Pemandian Romawi di Bath, Inggris dulunya adalah tempat pemandian umum bagi masyarakat Romawi. Saat ini, tempat tersebut menjadi museum yang barang pamerannya adalah benda-benda purbakala yang ditemukan selama ekskavasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement