Jumat 28 Nov 2014 07:58 WIB

Banjir Genangi Lagi Tempat Penampungan Warga Gaza

Rep: c 84/ Red: Indah Wulandari
Banjir di Gaza memaksa ribuan orang mengungsi
Foto: REUTERS
Banjir di Gaza memaksa ribuan orang mengungsi

REPUBLIKA.CO.ID,GAZA--Hujan lebat selama dua hari yang menimpa sebagian Gaza membuat wilayah tersebut tergenang banjir. Ribuan warga Gaza pun terkena imbasnya.

Wilayah yang tergenang banjir ialah wilayah-wilayah yang sebelumnya porak-poranda akibat agresi militer pada beberapa waktu lalu. Terdapat ribuan warga Gaza yang masih tinggal di tempat penampungan sementara atau di puing-puing rumah yang rusak. 

Kawasan Shejaiya, Gaza, menjadi salah satu daerah yang paling terparah. "Saya khawatir terhadap cuaca yang ada, namun tidak ada yang dapat saya kerjakan," ujar Ibtisam al-Ijla (46), warga setempat kepada AFP, Jumat (28/11).

Ibtisam mengaku saat terjadi pemboman, dia dan suaminya melarikan diri, saat kembali rumahnya sudah dalam kondisi rusak berat. Ia mengatakan bahwa tidak memiliki uang untuk menyewa rumah di tempat lain dan terpaksa kembali ke rumahnya yang rusak.

Diperkirakan sekitar 30 persen rumah di Kota Gaza itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Dalam perjanjian yang ditengahi PBB, Israel sepakat untuk melonggarkan blokade delapan tahun guna memberikan keleluasan warga Gaza dalam membangun kembali rumah-rumahnya. 

Sejauh ini, tidak banyak perubahan yang terjadi mengingat kerapnya Israel membatasi keluar masuknya barang ke Kota Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement