Senin 02 Apr 2018 09:41 WIB

Prancis Peringatkan Israel Hentikan Serangan di Gaza

Otoritas Israel bertugas sebagai pelindung warga, bukan sebaliknya.

Rep: Rizkyan Adhiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih
Bentrokan antara massa aksi Palestina dan militer Israel pada Sabtu (31/3) di Jalur Gaza.
Foto: AP Photo/Adel Hana
Bentrokan antara massa aksi Palestina dan militer Israel pada Sabtu (31/3) di Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pemerintah Prancis mendesak Israel untuk menghentikan serangan terhadap warga Palestina sebagai respons dari aksi demonstrasi di Jalur Gaza. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Prancis mengingatkan otoritas Israel untuk bertugas sebagai pelindung warga, bukan sebaliknya.

"Kami mengingatkan Israel untuk menahan seragan mereka. Prancis juga menyoroti hak asasi warga Palestina untuk menggelar demonstrasi damai," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Prancis dalam pernyataan tertulis, Senin (2/4).

Serangan yang dilakukan militer Israel terhadap demonstran telah merenggut nyawa 15 warga Palestina. Serangan yang dilakukan sebagai respons dari demonstrasi tersebut juga melukai puluhan warga lainnya.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini, dan sejumlah pemimpin negara lainnya mendesak penyelidikan independen terkait pertumpahan darah yang terjadi di Gaza untuk segera dilakukan. Meski demikian, Kementerian Pertahanan Israel tidak mau menuruti permintaan penyelidikan atas tewasnya 15 warga Palestina tersebut.

Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman menolak kritikan atas tindakan militer Israel. Dia mengatakan, tentara Israel yang berjaga sepanjang Jalur Gaza justru layak mendapat medali penghargaan. Dia berdalih, pasukan telah melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi area perbatasan.

"Saya tidak mengerti paduan suara orang-orang munafik yang menginginkan komisi penyelidikan. Tidak akan ada permintaan terkait penyelidikan," kata Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga melontarkan hal serupa. Dia menilai tepat tindakan yang dilakukan militer Israel untuk melindungi kedaulatan negara. Netanyahu juga memberikan rasa hormatnya kepada tentara-tentara penjaga perbatasan Israel.

Netanyahu juga menyoroti perihal warga Palestina yang tewas akibat serangan pasukan keamanan Israel. Menurut dia, serangan terhadap warga-warga merupakan respons guna melindungi kedaulatan negara. Dia mengatakan, Israel akan bertindak tegas untuk melindungi kedaulatan dan keamanan warganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement