Rabu 13 Aug 2014 05:21 WIB

Mesir Bantah Laporan HRW Soal HAM

HRW
Foto: [ist]
HRW

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pemerintah Mesir membantah laporan Human Rights Watch (HRW) yang menyebut telah terjadi pembunuhan massal terhadap demontran pendukung Presiden Mohamed Moursi yang digulingkan tahun lalu.

"Laporan HRW itu sangat bias dan tidak berdasarkan fakta," kata Kementerian Dalam Negeri Mesir dalam satu pernyataan, Selasa (12/8).

Mesir juga membantah telah menolak permintaan kunjungan delegasi HRW ke Mesir."Mesir memang telah menerima permohonan HRW untuk berkunjung ke Kairo pada Agustus 2014, namun Mesir meminta agar kunjungan itu ditunda hingga September," katanya.

Menyinggung pencegahan dua staf HRW saat tiba di Bandara Kairo pada Ahad (10/8), Mesir menilai mereka menyalahgunakan visa. Direktur Eksekutif HRW, Kenneth Roth dan stafnya, Sarah Leah Whitson sempat ditahan ditahan selama 12 jam di Bandara Kairo sebelum mereka dideportasi ke negara asal, Amerika Serikat, pada Senin (11/8).

"Kenneth Roth dan Sarah Leah Whitson datang ke Mesir dengan menggunakan visa turis, padahal mereka datang untuk penelitian, dan itu berarti menyalahgunakan izin tinggal yang bertentangan dengan hukum Mesir," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement