Jumat 21 Nov 2014 22:34 WIB

Dana Belum Disetujui, Tentara AS Tetap Berangkat ke Irak

Rep: C84/ Red: Julkifli Marbun
Pasukan AS di Irak.
Foto: AP
Pasukan AS di Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Sekitar 1.500 tentara Amerika Serikat (AS) akan diberangkatkan ke Irak untuk melatih pasukan Irak dalam perjuangannya melawan ISIS.

Tentara AS tetap akan terbang ke Irak tanpa menunggu hasil kongres terkait pendanaan misi tersebut.

Laksamana John Kirby, Sekretaris Pers Pentagon, mengatakan pasukan AS akan bergerak menuju Irak dalam beberapa pekan mendatang meski permintaan tambahan dana atas misi ini belum diputuskan.

Komentar Kirby datang hanya beberapa hari setelah para pejabat AS mengatakan sekitar 50 tentara operasi khusus telah dikirim ke pangkalan udara Ain al-Asad di provinsi Anbar di Irak untuk membentuk operasi untuk memberikan pelatihan bagi pasukan Irak.

Pemerintah Presiden Barack Obama mengumumkan pada (7/11) lalu, bahwa AS berencana untuk melipatgandakan pasukannya di AS dengan mengirimkan 1.500 tentara untuk sembilan brigade militer Irak dan tiga brigade Kurdi Peshmerga.

"Kita akan lihat dalam beberapa minggu ke depan tentara AS akan berangkat ke Irak," ujarnya, seperti dilansir Al Arabiya, Jumat (21/11).

Ia juga menegaskan bahwa pada akhir tahun akan ada kekuatan yang lebih kuat bukan hanya tambahan dari tentara AS, tapi juga mitra koalisi yang hendak menambah personelnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement