Ahad 01 Mar 2015 13:57 WIB

Erdogan dan El Sisi Dijadwalkan Bertemu Raja Salman

Rep: C84/ Red: Erik Purnama Putra
Penguasa Arab Saudi Raja Salman.
Foto: Reuters
Penguasa Arab Saudi Raja Salman.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Penguasa Arab Saudi, Raja Salman dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi di Riyadh pada Ahad (1/3).

Erdogan yang telah tiba di Makkah pada Sabtu (28/2) malam, akan melakukan umrah terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Riyadh untuk melakukan pembicaraan resmi dengan raja Arab Saudi tersebut.

Dalam pertemuan lain, Duta Besar Mesir untuk Arab Saudi Ahmed Affifi Abdelwahab mengungkapkan, orang nomor satu di negaranya juga akan menggelar pertemuan dengan Raja Arab. "Raja Salman dan Presiden Mesir El-Sissi akan membahas isu-isu bilateral, regional dan internasional, termasuk kerja sama konstruktif dalam semua bidang yang menjadi perhatian bersama," katanya kepada Arab News.

"Raja Salman juga telah diundang untuk menghadiri KTT Liga Arab serta konferensi ekonomi internasional di Mesir," imbuhnya.

Abdelwahab menegaskan bahwa KTT Liga Arab akan diselenggarakan di Sharm El-Sheikh pada 28 Maret. Sedangkan, konferensi ekonomi internasional rencananya akan diselenggarakan pada 13 maret untuk membahas inisiatif investasi dan reformasi pemerintah Mesir di kota yang sama.

El-Sissi baru-baru ini menyatakan negaranya akan mempererat hubungan dengan Arab Saudi terkait isu keamanan dan stabilitas di Timur Tengah. Dia juga menyoroti hubungan dekat Mesir dengan negara-negara Teluk, terutama dengan Arab Saudi.

 

"Kami akan melakukan pembicaraan penting dan konstruktif dengan kepemimpinan Raja Salman selama kunjungan kami ke Riyadh pada Ahad, di mana kita akan berbicara tentang isu-isu yang berkaitan dengan kawasan dan tantangan yang mengelilinginya," kata El-Sissi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement