Sabtu 30 Apr 2016 16:00 WIB

Bom Mobil Targetkan Peziarah Syiah Irak, Belasan Orang Tewas

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Bom Mobil (ilustrasi)
Foto: Boston.com
Bom Mobil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Sebuah bom mobil yang menargetkan peziarah Syiah di daerah dekat Baghdad, Irak, pada Sabtu (30/4) menewaskan sedikitnya 17 jiwa.

Pejabat keamanan dan medis mengatakan, selain 17 tewas, bom juga melukai sedikitnya 25 orang. Bom itu ditinggalkan di sebuah jalan di daerah Nahrawan yang digunakan peziarah Syiah.

Peziarah berjalan ke kuil dari Imam Musa Kadhim di Baghdad utara untuk peringatan tahunan kematian sang imam. Kadhim, imam ketujuh dari 12 imam yang dihormati dalam Syiah, meninggal pada 799.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, kelompok militan ISIS sering menargetkan anggota mayoritas Syiah Irak yang dianggap bidah. Tahun lalu juga terjadi serangan terhadap peziarah yang menewaskan sedikitnya 13 jiwa.

ISIS menyerbu daerah yang luas di utara dan barat Baghdad pada 2014. Namun, pasukan Irak yang didukung oleh bantuan militer pimpinan AS telah merebut kembali wilayah yang dikuasai militan tersebut secara signifikan.

Para ekstremis masih menguasai sebagian besar Irak barat, dan mampu melakukan serangan terhadap warga sipil serta pasukan keamanan di wilayah yang dikuasai pemerintah.

Baca juga, ISIS Culik 300 Pekerja Pabrik

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement