Ahad 30 Apr 2017 01:45 WIB

Pejabat Taliban Diduga Dibunuh ISIS

Rep: Kamran Dikrama/ Red: Andri Saubani
kelompok taliban
Foto: ap
kelompok taliban

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD – Seorang pejabat senior kelompok Taliban Afghanistan dilaporkan tewas dalam sebuah serangan di kota Peshawar, Pakistan, Sabtu (29/4). Milisi ISIS mengaku bertanggung jawab atas terjadinya pembunuhan tersebut.

Dilaporkan laman NBC, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, pejabat yang menjadi korban serangan ISIS tersebut adalah Maulvi Mohammad Daud. Ia merupakan anggota dewan pimpinan Taliban di Pakistan.

Kendati demikian Zabihullah mengaku tidak mengetahui siapa dalang di balik serangan yang menewaskan anggota dewan pimpinan Taliban tersebut. Namun, ISIS mengklaim bahwa mereka adalah aktor di balik serangan itu.

Salah seorang pejabat Taliban mengatakan Maulvi Mohammad Daud tidak memiliki masalah atau permusuhan dengan ISIS. Ia justru menduga serangan tersebut dilakukan oleh Dinas Intelijen Afghanistan. "Kami tahu agen intelijen Afghanistan berada di balik pembunuhan Maulvi Daud dan anak buahnya. Mereka menggunakan ISIS sebagai kambing hitam," ujarnya.

Bila pembunuhan tersebut benar dilakukan ISIS, peristiwa ini merupakan yang perdana terjadi. Sebab sebelumnya kedua kelompok ekstremis tersebut belum pernah terlibat pertikaian atau konflik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement