Ahad 04 Jul 2010 21:20 WIB

Venezuela, Cile Akan Pimpin Blok Amerika Latin Baru

REPUBLIKA.CO.ID,  CARACAS--Venezuela dan Cile akan memimpin sebuah blok regional baru yang mencakup semua negara di benua Amerika kecuali Kanada dan AS yang akan diresmikan pada Juli 2011, menurut Kementerian Luar Negeri Venezuela, Sabtu (3/7) waktu setempat.

Masyarakat Negara Amerika Latin dan Karibea (CELAC, singkatannya dalam bahasa Spanyol), akan memiliki sejumlah tujuan di antaranya mempererat kerja sama perdagangan dan kelembagaan di kawasan itu, sebagai tindakan dengan program yang Presiden Venezuela Hugo Chavez katakan sebagai "Rencana Caracas".

Duapuluh menteri luar negeri dari 32 negara anggota CELAC telah bertemu Sabtu di Caracas dan sepakat menugasi Venezuela dan Cile untuk merancang perundang-undangan dan memimpin bersama kelompok baru itu, demikian laporan AFP.

Kedua negara itu juga akan menjadi penyelenggara pertemuan puncak kelompok itu pada 2011 dan 2012, kata Kemlu Venezuela di laman internetnya.

Rencana Caracas

Pembentukan CELAC telah disetujui pada Pertemuan Puncak Persatuan Amerika Latin dan Karibea di Meksiko, Februari lalu.

Di samping pembentukan CELAC, pertemuan Sabtu itu juga membicarakan Rencana Caracas, yang Mentei Luar Negeri Venezuela Nicolas Maduro katakan ditujukan untuk "mengkonsolidasikan integrasi regional" guna menghapuskan kemiskinan dan meningkatkan kerja sama teknologi.

Rencana Caracas juga minta pengembangan sistem perdagangan multilateral, adil ... peningkatan kerja sama di antara organisasi regional seperti blok perdagangan Mercosur, blok politik Unasur dan Petrocaribe, ia menambahkan.

Para menteri luar negeri tersebut juga sepakat untuk mengadakan pertemuan yang akan datang mereka pada 6 September di Caracas lagi, guna mempersiapkan pertemuan puncak pertama para kepala negara dan pemerintah CELAC Juli tahun depan.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement