Sabtu 27 Nov 2010 05:29 WIB

Pejabat PBB Temui Suu Kyi

Rep: Wulan Tunjung Palupi/ Red: Siwi Tri Puji B
Aung San Suu Kyi
Foto: .
Aung San Suu Kyi

REPUBLIKA.CO.ID, YANGOON -- Vijay Nambiar, Kepala Staf Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhir pekan ini akan melakukan kunjungan ke Myanmar untuk menemui tokoh demokrasi, Aung San Suu Kyi. Ia dijadwalkan akan tiba di Yangoon pada hari Sabtu (27//11).

Menurut diplomat senior PBB, agenda lain dari kedatangan wakil dari PBB ini untuk melihat kondisi Myanmar pasca pemilu pertama sejak dua puluh tahun terakhir.

Ia juga mengunjungi Myanmar untuk berbincang-bincang dengan tokoh pro demokrasi Myanmar yang baru saja dibebaskan oleh pemerintah junta militer. Pejabat PBB juga telah berusaha untuk mempertemukan tokoh demokrasi itu dengan pimpinan junta Myanmar Jenderal Than Shwe. Sebelumnya upaya mereka untuk membawa dua kubu yang saling bertentangan itu untuk duduk bersama selalu menuai kegagalan.

Sebenanya Suu Kyi telah berhasil memenangi pemilu pada 1990, namun ia tak pernah memperoleh hak untuk masuk dalam pemerintahan. Su Kyi yang baru mengakhiri masa tahanan rumah selama 15 tahun masih menyimpan mimpinya untuk membangun Myanmar berdasarkan demokrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement