Kamis 06 Jan 2011 23:48 WIB

Gempa 7,1 SR Guncang Cili

REPUBLIKA.CO.ID, Gempa berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang selatan Cili. Akibatnya ratusan warga setempat berhamburan mencari tempat yang lebih tinggi, mengigat takut diterjang tsunami, seperti yang pernah terjadai pada tahun sebelumnya.

Kendati demikian, belum diketahui adanya korban jiwa maupun berapa banyak fasilitas dan infrastruktur lainnya yang rusak. Kepala Bencana Nasional Cili mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami yang sebelumnya, sempat menghkhawatirkan warga setempat.

Survey Geologi Amerika Serikat mengungkapkan pusat gempa berada di 17 kilometer kedalaman laut. Mereka juga melaporkan bahwa usai gempa, juga terjadi gempa susuluan, namun tidak diungkapkan berapa kekuatan gempa tersebut.

Ketika gempa mengguncang pertama kali, masyarakat setempat berhamburan mencari tempat yang lebih aman dan mengabaikan beberapa pusat perbelanjaan. Sebelumnya gempat berkekuatan 8,8 SR yang disusul tsunami terjadi pada 27 Februari tahun kemarin. Dari kejadian tersebut menewaskan sedikitnya 521 orang dan 200 ribu lainnya kehilangan rumah.

sumber : AP/Daily Telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement