Rabu 02 Feb 2011 13:32 WIB

Badai Menghantam, 10 Ribu Lebih Penerbangan di AS Dibatalkan

Pekerja di Bandara LaGuardia, New York membersihkan salju dari landasan
Foto: Reuters
Pekerja di Bandara LaGuardia, New York membersihkan salju dari landasan

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -  Lebih dari 10.000 penerbangan dibatalkan dan beberapa bandara tutup, Selasa (2/2) ketika badai yang menimbulkan hujan es, salju menghantam Amerika Serikat, kata satu laman internet perjalanan.

Laman internet FlightAware melaporkan perusahaan-perusahaan penerbangan membatalkan hampir 6.500 penerbangan pada Selasa (1/2) waktu setempat. Angka itu 20 persen dari penerbangan komersial Amerika Serikat dan juga membatalkan 3.600 pnerbangan lain, Rabu.

Hampir 800 penerbangan dibatalkan Senin ketika badai itu melanda daerah tersebut. Bandara Dallas-Port Wort , satu pusat hubungan penting, ditutup sebentar sebelumnya karena badai dan menunda penerbangan selama sekitar tiga jam sebelum akhirnya dibuka kembali.

Bandara O'Hare Chicago, yang termasuk di antara bandara yang tersibuk di dunia, membatalkan sebagian besar penerbangan. Lebih dari 1.300 penerbangan tidak dioperasikan karena badai salju melanda Senin petang. Sebanyak 350 penerbangan lainnya dibatalkan di bandara kedua kota itu, Midway.

Sebagian besar maskapai menghentikan operasi penerbangan seluruhnya di dua bandara itu ketika badai menghantam daerah itu, kata Gregg Cunningham, juru bicara Departemen Penerbangan Chicago.

"Selain itu, sebagian besar perusahaan penerbangan di O'Hare mengisyaratkan mereka akan membatasi atau tidak mengoperasikan penerbangan keesokan hari" katanya dalam satu pernyataan.

"Beberapa maskapai diperkirakan akan memulai kembali operasi besok petang di Midway, dengan mayoritas penerbangan diperkirakan memulai kembali penerbangan pada petang hari."

Tidak ada pesawat tiba atau berangkat dari Tulsa, bandara Oklahoma, kendatipun secara resmi tetap dibuka. Sejumlah kecil penerbangan diizinkan mendarat di St Louis, Missouri tetapi tidak ada yang lepas landas. Lalu di Kansas City, bandara Missouri secara resmi juga ditutup.

Sekitar 900 penerbangan dibatalkan di Dallas, 650 di Newark dan hampir 1.100 di bandara-bandara LaGuardia dan JFK, New York.

"Badai ini akan memberikan dampak besar pada maskapai-maskapai penerbangan terutama di Chicago (United, American) dan Newark (Continental)," kata FlightAware. Sebagian besar maskapai penerbangan menawarkan kepada para pelanggan peluang untuk memesan kembali tiket penerbangan tanpa biaya tambahan.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement