Rabu 16 Feb 2011 16:17 WIB

Wartawati AS Korban Pelecehan Seksual di Tahrir Square Keluar dari Rumah Sakit

Lara Logan
Foto: Reuters
Lara Logan

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Seorang wartawati CBS News asal Amerika Serikat sudah mulai pulih setelah mengalami serangan seksual di Tahrir Square, Kairo. Ia mendapat serangan pekan lalu saat kondisi di lapangan itu genting pascapidato wakil presiden Omar Suleiman tentang pengunduran diri Hosni Mubarak.

Lara Logan berada di  Tahrir Square pada hari Jumat setelah Presiden Mesir Hosni Mubarak mundur ketika dia dan timnya "dikelilingi oleh elemen yang berbahaya di tengah-tengah perayaan," kata CBS dalam sebuah pernyataan.

Jaringan menggambarkan massa lebih dari 200 orang dan suasana menjadi panik dan kacau. Logan terpisah dari kru di tengah himpitan kekerasan. Dia mengalami  apa yang disebut CBS sebagai "serangan seksual brutal dan berkesinambungan serta pemukulan." Dia diselamatkan oleh sekelompok perempuan dan sekitar 20 tentara Mesir, jaringan media itu menyebutkan.

Logan diterbangkan kembali ke Amerika Serikat pada hari Sabtu.

Adegan Jumat terakhir di Tahrir Square -  orang menangis, melompat kegirangan, bersorak dan memeluk satu sama lain - tergambar sempurna dalam laporan Logan. Namun "imbalannya", ia menjadi bulan-bulanan massa yang tak diketahui afiliasi politiknya.

Menurut Logan, terjadi peningkatan kekerasan seksual di alun-alun pada hari  Mubarak jatuh. Beberapa perempuan melaporkan telah meraba-raba oleh sekelompok pria di tengah alun-alun itu. Seorang saksi melihat  seorang wanita menampar  pria setelah ia menyentuhnya.

Serangan terhadap Logan, kepala pemberitaan luar negeri CBS News adalah salah satu dari sedikitnya 140 kasus yang dialami wartawan meliput kerusuhan di Mesir sejak 30 Januari. Seorang wartawan Mesir meninggal akibat luka tembak dia menerima selama protes.

Seminggu sebelum serangan hari Jumat, Logan ditahan oleh militer Mesir selama sehari, bersama dengan seorang produser dan juru kamera CBS. Mereka kembali ke Amerika Serikat setelah mereka dibebaskan, dan Logan kembali ke Kairo sesaat sebelum Mubarak mundur.

Logan bergabung CBS News pada tahun 2002. Dia secara teratur memandu laporan untuk "CBS Evening News" serta "60 Minutes,"  sejak tahun 2006. Dia telah melaporkan secara luas konflik Irak dan Afghanistan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement