Rabu 02 Mar 2011 11:44 WIB

Pria Yang Seumur Hidupnya Menulis Puisi Cinta untuk Sang Istri (3)

Moss Rich dan Milly
Foto: mirror.co.uk
Moss Rich dan Milly

REPUBLIKA.CO.ID,LOND0N - Cinta sejati itu benar-benar ada. Moss Rich (100) sepanjang umurnya selalu menuliskan puisi cinta untuk sang istri, Milly, yang kini berusia 93 tahun.

Tumbuh remaja ketika dunia sedang bergejolak oleh Perang Dunia, Moss dan Milly tidak punya waktu untuk menunda-nunda pernikahan mereka. Seperti kebanyakan pasangan muda pada era Perang Dunia, pasangan muda itu menikah ketika Milly berusia 19 tahun dan Moss 26 tahun.

Mereka memutuskan untuk mengikat simpul secepat mungkin sehingga tidak ada waktu untuk menggelar upacara pernikahan yang mewah. Bahkan, Moss dan Milly tidak punya uang untuk sekadar membayar jasa fotografer guna mengabadikan hari khusus mereka pada 9 Oktober 1939.

"Aku ingat jelas hari pernikahan saya. Tidak ada perayaan, tidak ada gaun putih mewah, tidak ada foto,’’ kenang Milly. ‘’Pengantin priaku harus kembali bekerja pada sore itu. Begitulah suasana kemudian."

Dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga barunya, Moss bahkan langsung kembali bekerja pada sore hari setelah menggelar pernikahan pada pagi harinya. Sementara Milly pergi belanja ketel, panci, dua cangkir dan piring untuk dapur baru mereka.

Milly adalah mantan seorang perancang busana, guru dan pengusaha. "Kami menikah sangat cepat karena ketika perang pecah semua orang berpikir seluruh London akan hilang dalam asap. Kami sudah saling kenal beberapa tahun, tapi kami tidak pernah bermaksud untuk menikah begitu cepat karena kami tidak punya uang,’’ kata Milly

Hubungan mereka diuji ketika Moss mau tidak mau dipanggil untuk tugas negara setelah perang kembali pecah. Tiga bulan setelah bergabung, penglihatan Moss memburuk sehingga tidak dapat melayani lagi di bawah Peraturan Raja.

sumber : mirror.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement