Ahad 20 Mar 2011 09:10 WIB

Prancis: Serangan ke Libya Dikendalikan AS

Sidang penentuan Resolusi PBB terhadap Libya
Foto: AFP
Sidang penentuan Resolusi PBB terhadap Libya

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS - Serangan-serangan udara yang dilakukan oleh Inggris, Prancis dan Amerika Serikat di wilayah Libya dikoordinasikan di sebuah pangkalan AS di Jerman. Demikian kata seorang pejabat Prancis kepada AFP.

"Ini adalah operasi multilateral yang dikoordinasikan oleh komando AS untuk pasukan AS di Eropa yang berpangkalan di Stuttgart, Jerman," kata pejabat itu yang minta tak disebut namanya.

Markas besar berkoordinasi masing-masing dengan pusat-pusat operasional Perancis dan Inggris di Lyon dan Northwood. Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat memiliki peran strategis dalam koordinasi itu. Perintah operasi akan ditentukan setelah koalisi ad hoc terbentuk.

"Pada titik ini, kita berbicara tentang koordinasi," katanya. ''Sebagai bagian dari pasukan koalisi, Uni Emirat Arab telah menjanjikan 24 pesawat (Mirage 2000-9 dan F-16) dan Qatar antara empat dan enam 2000-5.''

Di mana pesawat-pesawat itu akan dikerahkan tidak segera jelas, kata pejabat itu.

Dia menambahkan bahwa Perancis sedang berusaha untuk "menemani terbang" pesawat-pesawat negara Arab itu. Pesawat terbang yang paling banyak pada misi atas Libya tersebut adalah pesawat Prancis dengan beberapa pesawat Inggris, yaitu Tornado dan Eurofighters. ''Pesawat-peswat pembom siluman AS B-2 akan dikerahkan pada kemudian hari,'' katanya.

sumber : Antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement