Ahad 20 Mar 2011 12:30 WIB

Kampung Halaman Qaddafi Juga Diserang

Kolonel Muammar Khadafi
Foto: ultimahoradiario.com.ar
Kolonel Muammar Khadafi

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI - Pasukan Barat telah melakukan serangan udara dan peluru kendali di kampung halaman pemimpin Libya Muammar Qaddafi, Sirte. Kantor berita milik negara Jana melaporkan.

"Pembombardiran udara dan serangan rudal telah menghantam beberapa sasaran sipil di Zuwarah, Tripoli, Sirte dan Benghazi dalam serangan di sepanjang bentangan pantai dari Libya barat ke timur,'' kata seorang juru bicara pasukan bersenjata seperti dikutip oleh Jana.

Negara-negara besar Barat Sabtu (19/3) lalu telah melancarkan serangan dari udara dan laut terhadap pasukan Qaddafi berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk memaksakan gencatan senjata dalam pertikaian sebulan lamanya antara pendukung setia Qaddafi dan pemberontak. Qaddafi, menurut sumber, lahir di sebuah tenda Badui di Sirte, kota Mediteranean 360 kilometer di timur Tripoli.

Serangan udara oleh pasukan Barat dekat kota Misrata di Libya telah menghantam sebuah pangkalan udara militer. Tempat para pendukung setia Muammar Qaddafi bermarkas. Demikian kata dua warga, Sabtu (19/3), membantah laporan TV negara bahwa depot bahan bakar terkena.

Pangkalan itu berada tujuh kilometer dari kota Misrata. Kota tersebut merupakan kota terbesar ketiga Libya dan tempat bertahan terakhir pemberontak di bagian barat negara itu.

"Pasukan internasional telah menyerang batalion-batalion Qaddafi di kolese militer udara itu, tapi sejumlah pasukan (pemerintah) telah melarikan diri tak lama sebelum serangan," kata warga Abdulbasset pada Reuters melalui telpon.

Seorang warga lainnya mengatakan ia telah mendengar ledakan keras dari arah pangkalan udara militer itu.

sumber : Antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement