Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Hujan Meteor Hiasi Langit Top End, Australia

Rabu 14 Agu 2013 13:32 WIB

Red:

Hujan Meteor

Hujan Meteor

CANBERRA -- Hujan meteor saat ini, Rabu (14/8) terlihat di langit di atas wilayah paling utara atau dikenal sebagai Top End, Northern Territory, Australia. 

Menurut seorang ahli astronomi yang tinggal di Northern Territory, hujan meteor tersebut berasal dari sisa-sisa komet Tempel Tuttle. "Hujan meteor yang dinamakan Perseid  ini terjadi tiap tahun, tapi makin jelas terlihat selama beberapa hari terakhir karena bulan sedang tidak nampak di langit," jelas Geoff Carr.

Tidak jelas sampai kapan langit di wilayah tersebut akan dihiasi sisa-sisa komet. "Sisa-sisa komet itu terbakar dan meledak saat mendekat, jadi ini benar-benar tidak bisa ditebak,"  ucap Carr. "Terkadang diramalkan bahwa akan ada banyak komet, dan ternyata itu tidak terjadi. Terkadang Bumi kebetulan melewati sejumlah sisa komet dan kita mendapatkan pemandangan yang indah."

Carr menjelaskan, banyak serpihan komet hancur saat jatuh dari langit. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA