Rabu 18 Jul 2018 09:37 WIB

Trump: Tidak Ada Batas Waktu Denuklirisasi Korut

Menlu AS mengatakan denuklirisasi Korut harus selesai sebelum 2020.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pria menonton layar TV yang menyiarkan pertemuan  Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Seoul Railway Station di Seoul, Korea Selatan, Selasa (12/6).
Foto: AP/Ahn Young -joon
Seorang pria menonton layar TV yang menyiarkan pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Seoul Railway Station di Seoul, Korea Selatan, Selasa (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan tidak ada batas waktu untuk proses denuklirisasi Korea Utara (Korut). Ia mengatakan agar Korut tidak terburu-buru melakukan denuklirisasi, Selasa (17/7).

"Diskusi sedang dilakukan dan berjalan sangat, sangat baik. Kita tidak punya batas waktu, kita tidak punya batas kecepatan," kata Trump, dikutip Channel News Asia, Rabu (18/7).

Trump mengatakan, ia melakukan diskusi soal Korut dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan mereka di Helsinki, Finlandia. "Presiden Putin akan terlibat dan dia bersama kita," kata Trump.

Presiden yang diusung Partai Republik ini bertemu dengan pemimpin Korut Kim Jong-un 12 Juni lalu. Di dalam pertemuan yang berlangsung di Singapura tersebut, Kim berjanji menyelesaikan denuklirisasi di negaranya. Akan tetapi, tidak dijelaskan kapan denuklirisasi akan selesai.

Sekitar satu bulan kemudian, tidak ada langkah konkret yang dilaporkan terjadi di Korut terkait penyelesaian denuklirisasi. Korut juga melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan mengatakan bisa saja membatalkan prosea denuklirisasi. Namun, satu hari setelah pertemuan, Pompeo mengatakan denuklirisasi harus selesai sebelum masa pemerintahan Trump berakhir pada 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement