Sabtu 10 Nov 2018 04:28 WIB

Burung Langka Warbler Ditemukan di Amerika Serikat

Burung langka yang ditemukan adalah persilangan walbler dari genus yang berbeda.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andri Saubani
Burung Warbler
Foto: Graham Montgomery via AP
Burung Warbler

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA -- Seekor burung di Pennsylvania, Amerika Serikat yang ditemukan oleh seorang warga diketahui merupakan jenis yang sangat langka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, burung tersebut merupakan keturunan dari betina hibrida warbler dan jantan warbler dari genus yang berbeda.

"Ini sangat langka, kata ahli ornitologi David Toews, yang juga menjadi penulis utama penelitian terbaru tentang kemungkinan asal-usul hibrida unggas yang belum pernah dilihat sebelumnya, dikutip Forbes, Jumat (9/11).

Burung yang unik tersebut pertama kali ditemukan dan difoto oleh seorang warga yang merupakan ilmuwan, Lowell Burket. "Selama periode migrasi sepanjang musim panas, saya melakukan perjalanan dua jam ke pertanian keluarga saya," kata Burket menceritakan pengalamannya.

Sekitar 10 tahun yang lalu, ia melihat beberapa burung yang berwarna-warni terbang dari lubang kecil berair di salah satu jalur kuda. Ia belum pernah melihat burung seperti itu dan memutuskan untuk mengambil gambar hewan unik tersebut.

"Saya mencoba mengambil gambar namun gambarnya jelek karena burungnya terlalu kecil. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli kamera profesional dengan lensa yang bisa membesarkan gambar dengan baik," kata dia melanjutkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement