Selasa 13 Nov 2018 01:20 WIB

Jet Tempur AS Jatuh di Laut Filipina

Ini merupakan insiden kedua dalam sebulan terakhir yang melibatkan armada militer AS

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Jet Tempur Boeing F-18 Super Hornet.
Foto: Reuters/US Navy
Jet Tempur Boeing F-18 Super Hornet.

REPUBLIKA.CO.ID, OKINAWA -- Sebuah jet tempur Angkatan Laut AS jatuh di Laut Filipina, di selatan pulau Jepang, Okinawa. Armada 7 AS mengatakan, jet tempur jenis Hornet F/A-18 melakukan operasi rutin saat mengalami masalah mekanis yang memaksa kedua kru untuk melompat dari pesawat.

Kedua pilot diselamatkan dari air dalam kondisi baik dan sedang dievaluasi di kapal induk USS Ronald Reagan. Selama ini Okinawa menjadi pangkalan militer bagi ribuan tentara AS.

"Penjaga pantai Jepang mengirim pesawat untuk memeriksa apakah ada puing-puing atau minyak mengambang sebagai akibat dari kecelakaan itu," kata seorang juru bicara dilansir di BBC, Senin (12/11).

Ini adalah insiden kedua terakhir yang melibatkan USS Ronald Reagan. Pada pertengahan Oktober, helikopter Angkatan Laut AS Seahawk MH-60 jatuh di dek penerbangan kapal induk, melukai 12 orang.

Armada 7 AS, yang tetap dikerahkan di kawasan Asia-Pasifik, terdiri dari setidaknya 50 kapal dan kapal selam pada waktu tertentu, bersama dengan 140 pesawat dan sekitar 20 ribu pelaut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement