Ahad 16 Dec 2018 12:23 WIB

Menteri Dalam Negeri AS Mengundurkan Diri

Mendagri AS Ryan Zinke akan meninggalkan posisinya di Pemerintahan Trump akhir 2018

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Dalam Negeri AS Ryan Zinke
Foto: wikimedia.org
Menteri Dalam Negeri AS Ryan Zinke

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali ditinggal oleh menterinya. Menteri Dalam Negeri AS Ryan Zinke memnutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Saat ini Zinke sedang menghadapi penyelidikan federal terkait aktivitas politik dan potensi konflik kepentingan. Presiden AS Donald Trump mengatakan, Zinke akan meninggalkan posisi di pemerintahan pada akhir tahun.

Dalam surat pengunduran dirinya, dilansir di Associated Press, Ahad (16/12), Zinke mengatakan serangan ganas dan bermotif politik terhadapnya telah menciptakan gangguan yang tidak menguntungkan dalam memenuhi misi lembaga.

Trump mengatakan di Twitter, mantan anggota Kongres Montana tersebut mencapai banyak hal selama masa jabatannya dan bahwa penggantinya akan diumumkan pekan depan. Namun demikian, posisi di Kabinet tetap membutuhkan konfirmasi Senat.

Kepergian Zinke terjadi di tengah-tengah gejolak ketika Trump menuju ke tahun ketiga berkuasa. Di saat yang bersamaan Trump juga menghadapi tekanan hukum yang meningkat yang mengintensifkan penyelidikan terhadap kegiatan kampanye pada pilpres 2016, bisnis, yayasan dan pemerintahan Trump.

Surat pengunduran diri Zinke, diperoleh dari seorang asisten Zinke pada hari Sabtu (15/12), mengutip apa yang dia sebut 'klaim yang tidak berdaya dan salah' dan mengatakan bahwa 'bagi sebagian orang, kebenaran tidak lagi penting.'

Dalam surat bertanggal 15 Desember 2018 itu disebutkan bahwa hari terakhir Zinke berkantor di Departemen Dalam Negeri adalah 2 Januari 2019. Tidak jelas apakah Zinke sudah menyerahkan surat itu ketika Trump menge-tweet.

Zinke (57 tahun) memainkan peran utama dalam upaya Trump untuk membatalkan peraturan lingkungan federal dan mempromosikan pengembangan energi domestik. Dia menarik perhatian sejak hari pertama bekerja, ketika dia mengendarai mobil melintasi Washington National Mall ke Departemen Dalam Negeri.

Pada hari Selasa (11/12), Zinke muncul di hadapan publik dalam acara Badan Perlindungan Lingkungan untuk pengembalian peraturan air. Dalam kesempatan tersebut ia menyebutkan latar belakangnya sebagai anggota angkatan laut AS, Navy SEAL, setidaknya dua kali.

Trump tidak pernah menjalin hubungan pribadi yang mendalam dengan Zinke, tetapi menghargai bagaimana dia berdiri teguh melawan kritik dari kelompok-kelompok lingkungan saat dia bekerja untuk melawan protes mereka. Namun Gedung Putih menyimpulkan dalam beberapa pekan terakhir bahwa Zinke kemungkinan anggota Kabinet paling rentan terhadap penyelidikan yang dipimpin oleh Demokrat yang baru memenangkan kursi mayoritas di Kongres.

Para pemimpin Demokrat di Kongres sangat 'pedas' menanggapi kabar bahwa Zinke akan meninggalkan jabatannya. "Ryan Zinke adalah salah satu anggota paling beracun dari kabinet dalam cara dia memperlakukan lingkungan kita, tanah publik kita yang berharga, dan cara dia memperlakukan pemerintah seperti itu adalah pot madu pribadinya," kata anggota senat dari New York Chuck Schumer  mengatakan di Twitter pada Sabtu (15/12).

"Kabinet rawa akan sedikit kurang busuk tanpanya."

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement