Rabu 04 Sep 2013 08:40 WIB

PBB: Serangan AS Bisa Perparah Perang Suriah

Ban Ki Moon
Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal PBB memperingatkan serangan Amerika Serikat bisa memperparah perang Suriah. Ban Ki-Moon mengatakan setiap hukuman yang diambil terhadap Suriah karena penggunaan senjata kimia bisa membuat gejolak dan pertumpahan darah dalam perang sipil.

Peringatan Ban diberikan setelah AS dan sekutunya ingin menyerang Suriah karena menuduh rezim Presiden Bashar Al-Assad menggunakan senjata kimia untuk membunuh warga sipil. Pemerintah AS mengeklaim memiliki bukti senjata kimia yang menewaskan ribuan rakyat Suriah bulan lalu.

Presiden AS, Barack Obama, pada Selasa (3/9) malam, mendapat dukungan utama dari para pemimpin di Kongres. Ban juga memperingatkan negara-negara seperti Amerika Serikat dan Prancis untuk mempertimbangkan serangan jika disetujui Dewan Keamanan PBB. Mereka dinilai harus menghormati piagam PBB.

Dalam laporan al-Arabiya, Selasa, anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Rusia dan Cina yang merupakan sekutu Suriah menggunakan hak veto beberapa kali di dewan untuk menolak tindakan terhadap rezim Presiden Suriah, Bashar Assad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement