Ahad 09 Mar 2014 07:13 WIB

Menlu Rusia: Ukraina Dikendalikan oleh Para Ultranasionalis

Ukraina
Foto: Sergei Grits/AP
Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW  -- Pemerintah Rusia pada Sabtu (8/3) mengecam pemerintah Ukraina pasca-revolusioner dan dugaan upaya untuk menjelekkan keterlibatan Rusia dalam krisis Ukraina. "Apa yang disebut "pemerintah sementara" [di Ukraina] tidak independen dan, sayangnya, tergantung pada nasionalis radikal yang merebut kekuasaan dalam kudeta bersenjata," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Pihak oposisi Ukraina mengambil alih kekuasaan di negara itu bulan lalu, mendepak Presiden Viktor Yanukovych setelah kebuntuan yang berlarut-larut dengan polisi yang mengakibatkan setidaknya 100 orang tewas di kedua pihak. Pasukan oposisi dipimpin oleh kelompok 'Sektor Kanan' yang merupakan konfederasi kelompok ultranasionalis sayap kanan.

Pihak oposisi mengatur pemilihan presiden pada Mei dan melantik pemerintahan baru. Kelompok 'Sektor Kanan' tidak memiliki kursi di kabinet, tetapi anggotanya mengadakan patroli bersenjata di ibu kota Kiev dan telah mendokumentasikan pada setidaknya satu kesempatan untuk secara fisik melakukan penyalahgunaan jaksa lokal karena kurangnya semangat revolusioner.

"Apa yang disebut 'Sektor Kanan' melepaskan tembakan-tembakan melalui teror dan intimidasi," kata Lavrov dalam konferensi pers di Moskow.

Menteri Lavrov juga mengatakan, Rusia bersedia untuk bekerja sama dengan negara-negara lain dalam rangka menemukan solusi bagi krisis Ukraina. Tetapi Lavrov mengatakan para pengulas harus berhenti mengutuk Rusia.

"Kita harus melakukan dialog yang adil seperti mitra, tanpa upaya untuk menjelek-jelekkan Rusia karena hampir semua pihak terlibat dalam konflik ini," kata Lavrov.

sumber : Antara/RIA Novosti-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement