Jumat 11 Sep 2015 07:45 WIB

California Jadi Negara Bagian Keenam AS Setujui Euthanasia

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Euthanasia (Ilustrasi)
Euthanasia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- California menjadi negara bagian keenam Amerika  Serikat (AS) yang menyetujui membantu orang yang sakit parah atau dalam kondisi kesakitan mengakhiri hidup (euthanasia).

"Ini adalah langkah bersejarah ke depan untuk California dengan penyakit untuk opsi untuk menentukan kualitas hari terakhir hidup mereka berdasarkan keyakinan pribadi mereka sendiri,’’ kata Senator California Bill Monning yang juga salah satu pendukung RUU euthanasia, seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Kamis (10/9).

Rancangan Undang-Undang (RUU) ini  disetujui oleh 43 suara melawan 34 suara yang menolaknya. Setelah disetujui, RUU ini  diharapkan akan diadopsi oleh senat negara bagian pekan ini. Selain California, negara bagian lain seperti Montana, New Mexico, Oregon, Vermont, dan Washington telah menyetujui euthanasia.

Euthanasia menjadi isu kontroversial di AS karena baru-baru ini seorang wanita yang menderita kanker bunuh diri. Isu euthanasia dibawa di California dengan kasus Brittany Maynard (29 tahun) yang menderita tumor otak dan pindah dari San Francisco ke Oregon. Ia kemudian memutuskan mengakhiri hidupnya November lalu.

"Kasusnya menjadi cerita ke publik dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata juru bicara Senator California Lois Wolk, Monica Schmalenberger yang juga pendukung RUU euthanasia.

Sementara itu wanita yang menderita leukemia menggugat negara bagian California menuntut hak bagi dokter untuk membantu pasien yang sakit parah mengakhiri hidup mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement