Sabtu, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 Februari 2019

Sabtu, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 Februari 2019

Presiden Myanmar Batal Hadiri KTT AS-ASEAN

Jumat 12 Feb 2016 11:38 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah

Presiden Thein Sein

Presiden Thein Sein

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Presiden Myanmar Thein Sein membatalkan rencananya menghadiri KTT AS-ASEAN di Kalifornia pekan depan. Pembatalan dikonfirmasi kantornya pada menit terakhir, Kamis (11/2), namun tidak memberikan alasan keputusannya.

Meski tidak ada delegasi resmi dari Myanmar, para ahli mengharapkan itu menjadi kesempatan perjalanan terakhir Thein Sein untuk menyoroti warisan perubahan pemerintahan negaranya di hadapan Presiden Barack Obama dan para pemimpin ASEAN.

Thein Sein dari partai Uni Soliaritas dan Pembangunan (USDP) dikalahkan oleh Aung San Suu Kyi dari Liga Nasional Demokrasi (NLD) dalam pemilu November.

"Presiden Thein Sein tidak mengunjungi AS karena ia memiliki acara lain untuk dihadiri. Itu semua yang bisa kita katakan," ujar seorang pejabat senior di Kantor Kepresidenan melalui sambungan telepon dilansir dari Channel News Asia, Jumat (12/2.

Keputusan Thein Sein kemungkinan akan mengintensifkan spekulasi panik atas keadaan di belakang layar negosiasi di Myanmar.

Parlemen memutuskan pada Senin untuk memulai proses pemilihan umum untuk presiden baru pada 17 Maret dan menyarankan pembicaraan antara partai dan militer. Pada 2011, pemerintah semisipil Thein Sein mengganti rezim militer yang telah memerintah Myanmar selama 49 tahun, mengantarkan reformasi politik dan ekonomi.

Para pemimpin dari Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan bertemua Obama pada pertemuan puncak di resor Kalifornia, Sunnylands pada 15-16 Februari.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Konflik Lahan di Jambi

Jumat , 15 Feb 2019, 21:07 WIB