Rabu 15 Nov 2017 12:32 WIB

Bill Gates Gelontorkan 80 Juta Dolar Bangun Smart City

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Bill Gates
Foto: AP
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, PHOENIX -- Bill Gates belum lama ini menginvestasikan dana sebesar 80 juta dolar AS demi membangun sebuah kota pintar (smart city). Kota itu rencananya berlokasi di pinggiran Phoenix, Arizona.

Dikutip dari laman The Verge, investasi tersebut digelontorkan lewat firma investasi milik Gates, Belmont Cascade Investment. Rencananya di kota pintar itu akan dibangun 80 ribu unit rumah. Area seluas 3.800 are juga disediakan untuk kebutuhan industri, perkantoran, dan ritel.

 

Di kota masa depan ini, penduduknya bisa menikmati ruang terbukan seluas 3.400 are. Tak ketinggalan lahan seluas 470 are juga didedikasikan untuk sekolah umum. Kota pintar ini dirancang memiliki jaringan super cepat, pusat data, dan mobil serta kendaraan otonom.

 

Jaringan logistik otomatis dan pabrik manufaktur juga akan melengkapi kecanggihan kota ini. "Kota ini akan dibangun serupa dengan luas Tempe, Arizona. Belmont akan menyulap lokasi proyek menjadi kota yang punya infrastruktur fleksibel," demikian bunyi pernyataan resmi dari Belmont.

 

Konsep kota pintar adalah desain yang tengah dikembangkan dalam beberapa tahun belakangan ini. Bulan lalu Sidewalk Labs milik Alphabet mengemukakan rencananya menggarap sebuah area di Toronto menjadi kota internet.

 

Di sana, lahan seluas 800 are akan dilengkapi dengan fasilitas teknologi tinggi seperti mobil otonom, sistem lampu jalan pintar, dan Wi-Fi publik. Proyek ini menelan dana Sidewalk Labs mencapai 50 juta dolar AS untuk keperluan uji coba teknologi. Perusahaan ini juga berencana menyulap 16 kota menjadi laboratorium yang ramah teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement