Kamis 17 May 2012 07:17 WIB

Dituding Biarkan Rakyat Kelaparan, PBB Kecam Kanada

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Endah Hapsari
Kanada
Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- PBB mengecam Kanada karena membiarkan warganya kelaparan, Rabu (16/5). Namun, pemerintah menepis anggapan tersebut dengan mengatakan ada banyak persoalan kelaparan di negara lain. 

"Kanada telah lama dilihat sebagai negara berkecukupan. Namun kini satu dari 10 keluarga yang memiliki anak di bawah enam tahun tidak mampu memenuhi kebutuhan makan sehari-hari," ujar utusan khusus PBB untuk hak atas makanan Olivier De Schutter dalam pernyataannya. 

Menurutnya, tingkat kerawanan pangan sudah tidak bisa diterima. Sudah saatnya Kanada mengadopsi hak nasional mengenai strategi pangan. Ia mengatakan 800 ribu rumah tangga di negara itu rawan pangan. Kanada memiliki populasi 34 juta orang. 

Kanada merupakan negara maju pertama yang dilaporkan oleh De Schutter. Juru Bicara PBB Yoonie Kim mengatakan Kanada telah mengundang pejabat PBB untuk berkunjung. 

Sebagai reaksi atas laporan De Schutter, Menteri Luar Negeri Kanada John Baird mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah federal dan provinsi fokus dalam meningkatkan taraf hidup warganya dan kemampuan mereka memenuhi kebutuhan hidup.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement