Selasa 26 Feb 2013 11:14 WIB

Pasangan Suami Istri Hilang Saat Bersepeda

Rep: ani nursalikah/ Red: Heri Ruslan
Peta Peru
Foto: lonelyplanet.com
Peta Peru

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Otoritas Peru melakukan operasi pencarian terhadap pasangan asal California, AS yang dilaporkan hilang saat sedang bersepeda.

Garrett Hand (25 tahun) dan Jamie Neal (25) bersepeda di wilayah yang diimbau agar dihindari karena risiko penculikan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/2), keluarga pasangan itu mengatakan terakhir mereka mendengar kabar dari keduanya pada Senin. Mereka bersepeda ratusan mil dari Cusco menuju Lima.

"Staf kedutaan terus berhubungan intens dengan otoritas Peru yang saat ini sedang bekerja mencari," ujar Kedutaan AS dalam pernyataannya.

Kedutaan AS pada 13 Februari telah mengeluarkan peringatan ancaman penculikan bagi warga asing di sekitar Cusco dan kota kuno Inka, Machu Picchu. Hilangnya warga AS tersebut diduga terkait dengan kelompok pemberontak Maoist Shining Path.

Kelompok ini melawan pemerintah karena ingin menguasai hutan di Cusco. Wilayah itu memang terkenal akan perkebunan coklat dan perdagangan kokain. Namun, kedutaan membantah dugaan tersebut. 

Hand dan Neal sebenarnya berkeinginan melakukan perjalanan sepeda dari Teluk San Francisco menuju Amerika Selatan menuju Meksiko. Teman-teman yang khawatir akan keselamatan mereka menyarankan sebaiknya mereka terbang ke Amerika Selatan dan memulai perjalanan dari sana.

Keluarga dan teman keduanya mulai mengumpulkan uang yang akan ditawarkan sebagai hadiah. Mereka juga berencana menyebar pamflet di Peru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement