Rabu 20 Mar 2013 20:23 WIB

Barack Obama Tiba di Israel

Rep: rr laeny sulistywati/ Red: Heri Ruslan
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu
Foto: AP Photo/Charles Dharapak
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tiba di Tel Aviv, Israel, Rabu (20/3). Ini merupakan kunjungan pertama Obama ke Timur Tengah di masa jabatan yang kedua.

Obama berangkat menuju Israel dengan menggunakan pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS), Air Force One, Selasa (19/3) malam.

Air Force One kemudian mendarat Tel Aviv, Rabu siang waktu setempat di bandara Ben Gurion. Karpet merah digelar di bandara untuk menyambutnya.

Sejumlah pejabat Israel menyambut Obama. Tampak Presiden Israel Shimon Peres, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut presiden negeri Adidaya itu.

‘’Terima kasih Bapak Presiden (Obama) untuk menegakkan hak rakyat Yahudi untuk sebuah negara Yahudi di tanah air bersejarah kami, dan berani menegakkan hak tersebut di PBB. Selamat Datang di Israel,’’ ujar Netanyahu saat menyambut Obama seperti dikutip dari Guardian, Rabu (20/3).

Sementara itu, Peres menyatakan tanpa AS, dunia menjadi lebih gelap. Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang terlebih dahulu sudah tiba di negara juga mempersiapkan kedatangan presiden.

Sebelum meninggalkan Ben Gurion dengan menggunakan helikopter ke Yerusalem, Obama akan melihat elemen sistem pertahanan rudal Israel Iron Dome.

Apalagi AS telah mengeluarkan ratusan juta dolar untuk mengembangkan sistem itu. Pengamanan ketat telah dilakukan oleh ribuan petugas keamanan Israel dan Palestina. Mereka berkumpul di Yerusalem dan di Ramallah, Tepi Barat menjelang Obama datang.

Obama dijadwalkan berkunjung selama tiga hari di Tepi Barat, Yerusalem, Betlehem, hingga Yordania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement