Kamis 11 Jan 2018 20:34 WIB

Boeing Luncurkan Prototipe Pesawat Kargo tanpa Awak

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Boeing
Boeing

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Boeing Co meluncurkan prototipe pesawat kargo listrik tanpa awak yang dapat tinggal landas dan mendarat vertikal (CAV). Pesawat ini akan jadi alat uji pengembangan teknologi otonom mereka.

CAV yang telah didesain dan dibangung Boeing sekitar tiga bulan ini sengaja dibuat ramah lingkungan. Boeing menyatakan pesawat ini dapat membawa muatan hingga 500 pound, demikian dilansir Reuters, Kamis (11/1).
 
''Prototipe terbaru CAV kami membuat kemungkinan transportasi kargo otonom bisa terwujud,'' kata Wakil Presiden Boeing HorizonX yang merupakan unit yang mengembangkan CAV, Steve Nordlund.
 
Boeing mengembangkan pesawat ramah lingkungan seiring makin berkembangnya teknologi baterai. Mesin listrik akan menekan biaya penerbangan dan menekan emisi karbon. Airbus, Rolls-Royce, dan Siemens juga mengembangkan teknologi serupa.
 
Oktober 2017 lalu, sebuah perusahaan rintisan yang diampu Boeing dan JetBlue Airlines Corp mengumumkan rencana mengembangkan baterai hibrid kecil untuk bisa digunakan pesawat penumpang yang diharapkan bisa mulai dipakai pada 2022 mendatang.
 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement