Ahad 25 Mar 2018 12:01 WIB

AS Tandatangani Sumbangan 16 Juta Dolar AS untuk Palestina

Dana bantuan tersebut untuk menangangi kelaparan pascaperang para pengungsi Palestina

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina hidup dalam kemiskinan
Foto: KNRP.OR.ID
Warga Palestina hidup dalam kemiskinan

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini di tahun 1949 Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S Truman menandatangani sebuah resolusi AS yang memberi otorisasi sumbangan sebesar 16 juta dolar AS untuk membantu pengungsi Palestina. Para pengungsi tersebut telantar dan kelaparan pasca-perang Kemerdekaan Israel pada 1948.

Resolusi Truman tersebut menyumbangkan dana AS ke paket bantuan PBB senilai 32 juta dolar AS. Pada penandatanganan, presiden menyatakan harapannya bahwa sebelum uang bantuan habis, akan dirancang untuk solusi permanen terhadap masalah pengungsi.

Truman berpendapat bahwa bantuan AS akan berkontribusi pada stabilitas jangka panjang Timur Tengah melalui pengintegrasian pengungsi Palestina ke dalam kehidupan ekonomi daerah terbelakang. Rencana bantuan tahun 1949 itu membatasi beberapa tahun konflik panas antara faksi pro dan anti-Zionis (negara Yahudi) dalam politik AS dan dalam pemerintahan Truman.

Pada 1945, sebagai wakil presiden Roosevelt, dan kemudian di awal masa kepresidenannya sendiri, Truman dengan penuh semangat mendukung imigrasi orang-orang Yahudi yang telantar akibat Holocaust ke wilayah Palestina yang secara historis diperebutkan, tetapi pada awalnya menolak gagasan untuk mendirikan negara Yahudi murni di sana.

Dalam sebuah surat yang ditulis pada saat itu, Truman mengakui bahwa itu adalah situasi yang sangat eksplosif yang sedang dihadapi dan dia coba lakukan adalah membuat seluruh dunia aman bagi orang Yahudi. Truman juga ingin mempertahankan hubungan baik dengan negara-negara Arab, khususnya Arab Saudi. Dia menyadari negaranya menjadi semakin tergantung pada minyak.

'Di rumahnya' sendiri, Truman menghadapi tahun pemilihan. Pada saat itu, oposisi Partai Republik lebih suka membagi atau mempartisi Palestina untuk menciptakan negara Yahudi yang terpisah dan mendapat dukungan dari mayoritas rakyat. Rakyat AS lebih memilih untuk menciptakan negara Yahudi daripada menyerap pengungsi Yahudike AS pasca-perang.

Di sisi lain, anggota kunci dari pemerintahan Truman khawatir dukungan AS untuk negara Yahudi akan mengancam hubungan dengan negara-negara Arab yang kaya minyak yang memandang Palestina sebagai tanah Arab yang suci.

Para pelobi di kedua sisi menyerang Truman, kadang-kadang membuatnya marah. Ketika seorang Rabi berkunjung dengan berapi-api menggedor meja Truman dengan kepalan tangannya, Truman berteriak, "Tidak seorang pun, tetapi belum ada seorang pun, datang ke kantor presiden Amerika Serikat dan berteriak padanya, atau menghantam mejanya! Jika ada yang akan melakukan teriakan atau pukulan di sini, itu adalah saya!

Departemen Luar Negeri dan duta besar PBB membuat pengumuman yang tidak sah dan tidak benar yang menyiratkan bahwa presiden menentang pembagian. Truman menyebut mereka konspirator celana bergaris yang sepenuhnya mengepal terhadap situasi Palestina. Truman akhirnya memutuskan untuk melakukan apa yang menurut dia benar dan membiarkan mereka semua pergi ke 'neraka.' Dia mendukung perwalian PBB dari wilayah Yahudi di Palestina dengan transisi bertahap ke bagian mereka sebagai tujuan akhir.

Ketika AS setuju untuk membagi pada November 1947, orang-orang Arab dan Israel segera berperang di wilayah yang diperebutkan. Pada Oktober 1948, Truman mengumumkan dukungannya untuk Israel yang menang dan mengalihkan perhatiannya untuk mengungkung komunisme di Eropa Timur dan Korea.

Sejak itu, para pengungsi Palestina, minyak Arab dan negara Israel telah menjadi sumber konflik terus menerus di Timur Tengah.

Pada Januari 1950, Truman menindaklanjuti resolusi bantuan 1949 dengan meminta Kongres untuk memberikan lagi 27 juta dolar AS kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). UNRWA melanjutkan pekerjaannya atas nama pengungsi Palestina hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement