Ahad 13 Dec 2015 09:34 WIB

Perempuan Arab Saudi Ikut Pemilu untuk Pertama Kalinya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Karta Raharja Ucu
Perempuan Arab Saudi
Foto: AP
Perempuan Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Perempuan Arab Saudi menunaikan hak pilihnya untuk pertama kali dalam pemilu lokal, Sabtu (12/12). Mereka juga pertama kalinya bisa maju sebagai kanditat.

Para aktivis mengatakan, ini adalah sebuah perubahan bersejarah. "Sebagai langkah pertama, ini adalah pencapaian luar biasa. Sekarang kami merasa menjadi bagian dari masyarakat, kami bisa berkontribusi," kata seorang perempuan Saudi, Sara Ahmed, seperti disadur dari Reuters.

Psikoterapis ini memasuki tempat pemungutan suara di Riyadh utara untuk memilih anggota dewan lokal. Pemilu sebelumnya pada 2005 dan 2011 hanya diramaikan kaum pria.

Pemilu kali ini akan mengisi dua per tiga kursi dewan. Perubahan juga terjadi pada peran dewan yang sebelumnya hanya memiliki kekuatan untuk memberi saran. Kini dewan bisa membuat keputusan terbatas dalam pemerintah lokal.

Penduduk berharap reformasi lebih lanjut untuk membuka sistem politik. Arab Saudi adalah satu-satunya negara yang perempuannya tidak boleh mengemudi. Seorang perempuan juga harus ditemani wali atau mahramnya ketika bepergian.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement