Jumat 19 Oct 2018 11:36 WIB

Eks Diplomat Saudi Diduga Berperan Penting Bunuh Khashoggi

Mutreb yang diyakini ajudan Pangeran MBS memasuki konsulat saat Khashoggi hilang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Teguh Firmansyah
Maher Abdulaziz Mutreb di Konsulat Saudi saat hilangnya Khashoggi pada 2 Oktober lalu.
Foto: AP
Maher Abdulaziz Mutreb di Konsulat Saudi saat hilangnya Khashoggi pada 2 Oktober lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Anggota intelijen Saudi yang juga mantan diplomat Maher Abdulaziz Mutreb memainkan peran penting dalam pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi.

Seperti diberitakan CNN, Jumat (19/10), Mutreb sepenuhnya memahami rencana pembunuhan tersebut. Mutreb  pernah menjabat sekretaris pertama di kedutaan Saudi di London dan digambarkan sebagai kolonel di intelijen Saudi.

Dia diketahui berhubungan erat dengan Pangeran Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman. "Dia diperbantukan pada sebuah brigade perlindungan elite di dalam Garda Kerajaan untuk berfungsi sebagai pasukan keamanan pribadi (putra mahkota)," kata seorang sumber Saudi.

Mutreb muncul dalam foto bersama Pangeran MBS selama tur pangeran mahkota ke Amerika Serikat awal tahun ini. Beberapa pejabat AS telah mengatakan bahwa setiap operasi yang melibatkan anggota lingkaran dalam putra mahkota tidak mungkin terjadi tanpa sepengetahuannya.

Baca juga, Detik-Detik Hilangnya Khashoggi di Konsulat Saudi.

Foto terbaru CCTV menunjukkan keberadaan Mutreb di konsul Saudi pada saat Khashoggi hilang. Khashoggi, seorang kolumnis Washington Post, mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober untuk mendapatkan surat-surat yang akan memungkinkan dia untuk menikahi tunangannya di Turki. Dia belum terlihat lagi sejak itu.

Kerajaan Saudi berulangkali membantah terlibat dalam pembunuhan Mutreb. Saudi juga berjanji menyelidiki kasus ini secara transparan.

Baca juga, Foto Terbaru Ungkap Terduga Pelaku Pembunuhan Khashoggi.

Gambar-gambar kamera pengawas menunjukkan:

- Mutreb tiba di konsulat Saudi pada jam 09:55 pagi pada hari Khashoggi lenyap. Dia berjalan ke konsulat. Orang lain dalam kelompok Saudi yang tiba hari itu di Istanbul tampaknya berada di belakangnya.

- Mutreb di depan kediaman konsul jenderal jam 16:53.

- Mutreb, di hotel Movenpick dekat konsulat, terlihat sedang check out. Dia adalah salah satu dari beberapa orang Saudi yang memesan kamar hingga 5 Oktober tapi keluar pada2 Oktober. Tidak ada keterangan waktu pada foto ini. Koper di sebelahnya dilingkari tetapi tidak diketahui apakah itu miliknya atau tamu lain.

- Mutreb tiba di Terminal Penerbangan Umum di bandara Ataturk Istanbul pada pukul 17:58, sesaat sebelum keberangkatan pesawat pribadi yang sebelumnya dikatakan oleh para pejabat Turki terdapat Mutreb di sana. Pesawat itu kembali ke Riyadh melalui Kairo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement