Selasa 31 May 2011 10:35 WIB

Moamar Qadafi Kini Hanya Memiliki 10 Jenderal Setia

Moamar Qadafi
Foto: AP/Ben Curtis
Moamar Qadafi

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI - Delapan pejabat Libya menggelar konferensi pers di Roma, Italia, untuk mengumumkan pembelotan mereka dari pemimpin Libya Moamar Qadafi. Jenderal Melud Massoud Halasa, satu dari kedelapan pejabat tersebut, mengatakan kepada wartawan bahwa pasukan Kolonel Moamar Qadafi kini hanya memiliki tak lebih dari 10 jenderal yang loyal terhadap pemerintahannya.

Mantan Menteri Luar Negeri Libya, Abdel Rahman Shalgam, ikut mendukung pemberontak dan mengikuti konferensi pers. Dia mengatakan bahwa sekitar 120 orang tentara telah membelot dalam beberapa hari terakhir.

Sejak kerusuhan pecah pada Februari lalu, puluhan pejabat militer, menteri kabinet dan diplomat mundur dari pemerintahan Qadafi. Oun Ali Oun, salah satu jenderal yang mundur dari kepemimpinan Qadafi, memutuskan untuk mengalihkan dukungan ke pemberontak atas nama para martir yang tewas dalam mempertahankan kemerdekaan.

''Pembunuhan massal dan kekerasan terhadap perempuan terjadi di sejumlah kota di Libya,'' ujar Ali Oun membeberkan kebiadaban pemerintahan Qadafi.

sumber : www.bbc.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement