Senin 10 Oct 2011 17:53 WIB

40 Wanita Yaman Terluka Saat Rayakan Kemenangan Nobel

REPUBLIKA.CO.ID,SANAA--Sebanyak 40 wanita terluka di kota terbesar kedua di Yaman ketka para pendukung rezim menyerang perayaan di jalan oleh semua wanita atas kemenangan penghargaan Nobel perdamaian dari Tawakkul Karman, kata beberapa pejabat medis, Senin.

Para wanita tersebut diserang pada Ahad malam di kota Taez saat mereka berkumpul untuk mendukung Karman, wanita Arab pertama yang menerima penghargaan bergengsi itu. "Kami diserang oleh penjahat-penjahat kejam rezim dengan botol kosong dan batu," kata penyelenggaranya pada AFP dengan tanpa menyebut nama.

Para pejabat medis mengkonfirmasi orang-orang yang terluka itu. Komite Penghargaan Nobel menghadiahi Karman penghargaan Nobel perdamaian 2011 untuk mengakui perannya dalam berbulan-bulan protes damai di Yaman yang meminta Presiden Ali Abdullah Saleh untuk mundur setelah 33 tahun berkuasa di Sanaa.

Hadiah itu, sebesar 1,5 juta dolar AS, dibagi dengan dua wanita Liberia: Presiden Ellen Hohnson Sirleaf dan aktivis Leymah Gbowee. Menurut laporan-laporan sebelumnya Karman mengatakan pemberian penghargaan itu merupakan kemenangan bagi demokrasi di Yaman, sementara pemerintah mengecamnya.

Dalam insiden terpisah Senin pagi sekali, tiga orang terluka dalam bentrokan antara loyalis pasukan keamanan dan anggota-anggota suku bersenjata yang menentang Saleh, di lingkungan Rawdah tengah di Taez, kata beberapa pejabat medis. Taez, sekitar 270 kilometer di baratdaya ibu kota Yaman, Sanaa, telah menjadi tempat pusat ketegangan sejak protes terhadap Saleh meletus pada Januari lalu.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement