Kamis 19 Jul 2012 06:20 WIB

Taliban Serang Pos Militer, 9 Prajurit Afganistan Tewas

Pejuang Taliban, Afghanistan
Pejuang Taliban, Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Sedikitnya sembilan orang prajurit tentara Afganistan tewas dalam sebuah baku tembak dengan kelompok Taliban di sebuah pos militer di Afganistan Selatan. Serangan itu dilakukan ketika pasukan lokal akan menerima peralihan tanggung jawab keamanan jelang penarikan militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dari Afganistan.

Militan yang bersenjatakan senapan mesin berat dan granat roket menyerang pos militer di daerah Washir, Helmand, pada Selasa larut malam, yang menyulut tembak-menembak sengit yang berlangsung lebih dari satu jam.

"Malangnya, sembilan prajurit ANA (Tentara Nasional Afghanistan) tewas dan tujuh lain cedera dalam pertempuran itu," kata juru bicara provinsi itu, Daud Ahmadi, kepada AFP. Tujuh gerilyawan Taliban juga tewas dalam bentrokan itu, tambahnya.

Sekelompok polisi Afgganistan yang dikirim sebagai bala bantuan diserang di jalan dan lima gerilyawan cedera dan ditangkap dalam bentrokan tersebut, kata Ahmadi.

Pasukan keamanan Afganistan menjadi sasaran khusus serangan Taliban, ketika mereka bersiap-siap mengambil alih tanggung jawab penuh keamanan dari pasukan asing pada 2014.

Presiden Hamid Karzai dan negara-negara Barat pendukungnya telah sepakat bahwa semua pasukan tempur asing akan kembali ke negara mereka pada akhir 2014, namun Barat berjanji memberikan dukungan yang berlanjut setelah masa itu dalam bentuk dana dan pelatihan bagi pasukan keamanan Afghanistan.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement