Selasa 16 Oct 2012 13:10 WIB

Kapal AL Cina Kepergok di Dekat Pulau Jepang

Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan
Foto: chinasmack.com
Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kapal-kapal angkatan laut China berada di perairan dekat satu pulau Jepang Selasa, kata kementerian pertahanan di Tokyo, sementara ketegangan dengan Beijing tetap tinggi menyangkut kepulauan yang disengketakan.

"Sebuah pesawat Jepang memergoki tujuh kapal angkatan laut China di perairan 49km pulau Yonaguni di tenggara bagian selatan pada pukul 07.00 waktu setempat (05.00 WIB)," kata seorang pejabat kementerian itu, mengacu pada wilayah yang diakui internasional sebagai milik Jepang.

Kementerian itu mengatakan kapal-kapal itu terdiri atas dua perusak, setidaknya satu memiliki kemampuan nuklir, dua pergat, dua penyelamat kapal selam dan satu kapal pasokan.

"Kapal-kapal itu berada di perairan itu, 44 km barat daya Nakanokamishima," kata seorang juru bicara kementerian pertahanan secara terpisah, mengacu pada satu kelompok perairan dekat wilayah perairan yang berdasarkan undang-undang maritim internasional merupakan wilayah Jepang.

Pengumuman itu muncul setelah beberapa hari relatif tenang dalam sengketa antara Jepang dan China menyangkut satu kelompok pulau kecil di Laut China Timur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement