Ahad 16 Dec 2012 06:19 WIB

Mantan Deputi Menteri Iran Diculik Mosad?

 Alireza Asgari
Foto: blogspot.com
Alireza Asgari

REPUBLIKA.CO.ID,  Seorang komandan senior Republik Islam Iran menyatakan bukti-bukti menunjukkan bahwa mantan Deputi Menteri Pertahanan Iran Alireza Asgari telah diculik oleh dinas intelijen rezim Zionis (Mosad) dan dipindahkan ke Palestina pendudukan (Israel).

"Kami memiliki banyak bukti yang menunjukkan bahwa anggota dinas intelijen Israel (Mossad) telah menculik Asgari dari Turki dan memindahkannya ke Israel," kata Wakil Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Daqiqi dalam upacara menandai ulang tahun keenam penculikan Asgari yang digelar pada Sabtu (15/12), seperti dikutip laman Irib.

Ia menambahkan, meski pemerintah Iran telah berupaya menelusuri jejak hilangnya Asgari, namun tidak ada informasi baru yang diperoleh mengenai nasibnya.

Asgari menghilang secara misterius di Turki pada tahun 2007. Ia diyakini telah diculik dan dipindahkan ke Israel melalui pangkalan militer Amerika di Turki.

Pada bulan Desember 2010, situs Israel Ynet menulis, seorang tahanan bunuh diri di sel isolasi di penjara Israel, Ayalon.

Sementara itu, situs Ulasan Eurasia mengklaim bahwa sumber dalam "lingkaran dalam" Departemen Pertahanan Israel telah mengidentifikasi tahanan sebagai Asgari dan menyebutkan bahwa kematiannya bisa jadi karena pembunuhan dan bukan bunuh diri.

Menysul laporan tersebut, Iran menyerukan PBB dan Komite Palang Merah Internasional untuk membantu menelusuri nasib Asgari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement