Sabtu 09 Feb 2013 23:01 WIB

Lukisan Picasso Laku Rp 436 Miliar

Pablo Picasso
Foto: dailymail.co.uk
Pablo Picasso

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lukisan pelukis Spanyol terkemuka, Picasso laku terjual hingga 45 juta dolar AS atau Rp 436 miliar dalam sebuah lelang di Inggris. Lukisan berjudul "Femme Assise Pres d'une Fenetre (Wanita Duduk di Dekat Jendela) tersebut dilukis pada 1932.

Lukisan tersebut terjual di rumah lelang Sotheby's pada Kamis malam waktu setempat. Lukisan gaya impresionist itu sebelumnya berjudul Marie Therese Walter. Di dalam lukisan, Walter digambarkan duduk di kursi hitam.

Karya Picasso tersebut pertama kali terjual 6,8 juta dolar pada 1997. Helena Newman dari Sotheby's mengatakan lukisan itu merupakan karya dari masa kejayaan Picasso.

"Kami kagum dengan karya yang menakjubkan dan monumental ini," ujar dia dikutip PressTV, Sabtu (9/2).

Walter merupakan lukisan yang dilukis Picasso bersama lukisan terkenal lain seperti La Reve (Mimpi) yang juga dilukis pada 1932. Lukisan itu memiliki sejumlah seri.

Pada 2010, lukisan seri Walter yang lain dijual seharga 106,5 juta di rumah lelang Christie di New York. Penjualan itu memecahkan rekor harga dari lukisan karya Picasso.

Picasso merupakan seniman asal Spanyol. Dia juga seorang pematung. Dia terkenal sebagai pencetus gerakan kubisme dan berbagai gaya dalam lukisan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement