Rabu 26 Jun 2013 07:49 WIB

Utusan AS-PM Pakistan Rancang Pertemuan dengan Taliban

Perdana menteri Pakistan terpilih, Nawaz Sharif.
Foto: dnd.com.pk
Perdana menteri Pakistan terpilih, Nawaz Sharif.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Utusan Amerika Serikat (AS), James Dobbins, tiba di Islamabad pada Selasa (25/6), untuk mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Nawaz Sharif mengenai usaha-usaha membuka pembicaraan dengan Taliban Afghanistan.

Dobbins, yang terbang dari Kabul, bertemu Sharif dan memberitahunya tentang perkembangan-perkembangan terkait dengan Afghanistan, menurut satu pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan, seperti dilansir dari AFP, Rabu (26/6).

"Dia menjamin Tuan Dobbins komitmen penuh Pakistan atas proses perdamaian yang dipimpin dan dimiliki Afghanistan dan menyampaikan berbagai langkah yang Pakistan ambil terkait hal ini," tulis pernyataan tersebut. Pertemuan ini dilakukan menimbang situasi di Afghanistan mencapai fase krusial dan AS memproses penarikan pasukannya.

Karena itulah, Sharif menggarisbawahi perlunya bagi Pakistan dan AS tetap secara erat terhubung. Beberapa pejabat Pakistan mengatakan pertemuan-pertemuan tentang Dobbins, wakil khusus untuk Afghanistan dan Pakistan, akan menitikberatkan pada usaha mempromosikan proses rekonsiliasi pimpinan Afghanistan.

Taliban Afghanistan membuka kantor di Qatar pada Selasa lalu, sementara misi perang NATO pimpinan AS siap-siap meninggalkan Afghanistan pada 2014 setelah berperang selama 12 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement