Sabtu 28 Sep 2013 23:47 WIB

42 Orang Tewas Dalam Gedung Runtuh di India

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah
Gedung runtuh (ilustrasi)
Gedung runtuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Gedung empat lantai ambruk di Mumbai, India menewaskan hingga 42 orang.

Sekitar 33 orang diselamatkan dari reruntuhan gedung, beberapa orang diantaranya mengalami luka serius. Gedung di dekat Dockyard Road ambruk pada Jumat lalu.

Sekitar 83 sampai 89 orang diperkirakan berada di dalam gedung saat itu. Gedung ambruk itu merupakan yang terbaru dari serangkaian kejadian serupa di Mumbai.

Konstruksi yang buruk disebut menjadi penyebab untuk kejadian sebelumnya. Dalam laporan BBC, penyebab runtuhnya gedung belum diketahui. Tim penyelamat bekerja sampai enam jam untuk menyelematkan korban selamat yang ditemukan pada Sabtu (28/9).

Seorang pria kakinya tertimpa tembok. Komandan Pasukan Respon Bencana Nasional, Alok Awasthi mengatakan penyelamat tidak menemukan tanda kehidupan tapi akan terus melanjutkan pencarian.

Gedung tersebut merupakan rumah bagi lebih dari 20 keluarga buruh sebuah perusahaan di Mumbai. Otoritas mengatakan pemerintah kota meminta warga mengosongkan gedung tersebut awal tahun ini.

Harga properti dan sewa di Mumbai termasuk tertinggi di Asia. Banyak warga yang terpaksa tinggal di gedung tua dan bobrok.

Lebih dari 100 orang tewas dalam lima gedung ambruk di Mumbai antara April-Juni tahun ini. Dan Antara 2008-2012, ada 100 gedung ambruk di kota tersebut dengan 53 orang tewas dan 103 orang lainnya terluka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement