Jumat 11 Oct 2013 09:48 WIB

Wakil Menteri Pertahanan Amerika Mengundurkan Diri

Ashton Carter mundur sebagai Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat.
Foto: IST
Ashton Carter mundur sebagai Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ashton Carter, mengundurkan diri, Kamis (10/10). Carter memilih meletakkan jabatan setelah berselisih dengan Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel.

Pengumuman mengejutkan itu muncul dari pernyataan Hagel, yang mengatakan 'dengan berat hati' menerima keputusan Carter untuk mengundurkan diri dalam sebuah rapat Kamis (10/10) pagi waktu setempat.

"Ashton Carter adalah pejabat yang loyal dan Wakil Menteri Pertahanan yang efektif dalam bekerja," kata Hagel, seperti disadur dari AFP, Jumat (11/10).

Carter rencananya akan tetap menjadi Wakil Menteri Pertahanan untuk dua bulan ke depan guna membantu Pentagon mengatasi kelumpuhan pemerintah dan pemotongan anggaran otomatis.

Ia menjadi Wamenhan sejak Menteri Pertahanan dipegang Leon Panetta pada Oktober 2011. Pejabat tertinggi kedua di Pentagon itu dilaporkan mendapatkan kebebasan yang lebih di bawah kepemimpinan Panetta. Dia juga merupakan salah satu kandidat sebelum pemerintah Amerika Serikat mengangkat Hagel.

Namun, beberapa pejabat Pentagon membantah laporan tersebut. Mereka bersikeras tidak ada perselisihan yang besar antara Carter dan Hagel. Para pejabat di Pentagon mengatakan, Carter telah menikmati hubungan profesional yang bagus dengan pemimpin Pentagon.

"Tidak ada konflik antara mereka berdua," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan yang tidak ingin diungkap identitasnya.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement