Sabtu 04 Jan 2014 10:36 WIB

Teknologi Bikin Ariel Sharon Bertahan Hidup

Ariel Sharon
Foto: AP
Ariel Sharon

REPUBLIKA.CO.ID, Enam minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-78, mantan pemimpin Israel Ariel Sharon menderita stroke saat menjabat sebagai Perdana Menteri  pada Januari 2006.

Dia roboh begitu tiba-tiba. Kesehatannya memburuk dengan cepat. Dokter di Hadassah University Hospital, Yerusalem pun menyarankan keluarga. Sharon harus diizinkan untuk mati . 

Hanya, perawatan medis modern telah memungkinkan dia untuk hidup selama delapan tahun. Sharon pun secara rutin menerima kunjungan harian dari kedua putranya , Gilad dan Omri.

Computerised Tomography ( CT ) scan  dengan menggunakan sinar - X yang digunakan untuk membangun citra rinci bagian dalam tubuh manusia, menemukan bahwa Sharon telah menderita kerusakan otak yang tidak dapat disembuhkan dari stroke. Para dokter pun mencoba untuk meminimalkan penderitaannya dengan menempatkan dia dalam keadaan koma.

Putranya, Gilad, kemudian menerima rekomendasi dari tim medis medis. Berdasarkan CT scan, 'pertandingan Sharon' telah usai. Namun dua bersaudara bersikeras bahwa ayah mereka harus tetap hidup.

"Saya tidak akan pernah bisa memaafkan diri saya jika kita tidak berjuang sampai akhir,  tulis Gilad dalam biografi ayahnya, "Sharon : . The Life of a Leader", seperti dikutip dari The Telegraph.

Dokter kemudian melakukan operasi darurat yang dirancang untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh stroke dan mengurangi tekanan pada otak. Gilad Sharon kemudian menulis bahwa CT scan awal juga telah salah membaca. Pada pemeriksaan lebih dekat, ternyata kerusakan otak yang diderita Sharon tidak seburuk yang telah diperkirakan .

Tapi Sharon tidak pernah bangun dari koma. Dia telah direduksi ke keadaan vegetatif permanen. Artinya, Sharon tetap hidup dengan sistem yang komprehensif untuk mendukung kehidupan. Sebuah ventilator menghembuskan udara ke dalam paru-parunya, sedangkan tabung telah menyalurkan nutrisi penting langsung ke perutnya.

Dengan mesin tersebut, Sharon mendapatkan napas buatan dan makanan. Sistem itu telah terbukti untuk menjaga Sharon hidup untuk jangka waktu yang panjang . Ia pun pindah ke Sheba Medical Centre, fasilitas perawatan jangka panjang, dekat Tel Aviv. Disana, tim perawat menjaga Sharon secara teratur.

Perawatan tersebut telah berhasil menjaga Sharon hidup, meski tidak pernah ada kesempatan untuk pemulihan. Seorang manajer rumah sakit mengatakan kepada pers Israel bahwa otaknya kini seukuran buah anggur. Menurutnya, bagian dari otak yang membuat fungsi tubuhnya - organ vitalnya - masih utuh, tetapi di luar itu hanya cairan.

Meskipun demikian , Gilad menulis bahwa ayah kadang-kadang akan menanggapi kehadiran anak-anaknya.

"Dia berbaring di tempat tidur , tampak seperti penguasa, tidur dengan tenang. Besar , kuat , mandiri terjamin. Pipinya warna merah yang sehat. Ketika dia terjaga , dia terlihat keluar dengan tatapan tajam, "tulis Gilad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement