Ahad 06 Apr 2014 17:10 WIB

Iran Puji Pembicaraan Nuklir di Wina

Rep: Gita Amanda / Red: Citra Listya Rini
Bendera Iran  (ilustrasi)
Foto: politico.ie
Bendera Iran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Iran menyatakan pembicaraan nuklir tingkat ahli dengan negara kekuatan dunia di Wina 'bermanfaat'. Semua pihak terlibat dalam pembahasan teknis utama untuk menemukan penyelesaian akhir.

Dikutip dari Reuters, perunding Iran Hamid Baeedinejad menatakan pertemuan sangat bermanfaat dan saling memberikan wawasan. "Semua yang datang siap untuk membahas isu-isu ke rincian teknis, sehingga dapat memfasilitasi keputusan politik yang sulit," katanya.

Hasil pertemuan rencananya akan diumumkan pada Senin (7/4). Menteri luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton, akan menyampaikan hasil.

Mereka bertindak atas nama Iran dan enam negara kekuatan duni yang terlibat dalam negosiasi. Ashton dan Zarif akan mengadakan putaran ketiga pembicaraan nuklir tingkat tinggi, pada 8-9 April di Wina.

Pembicaraan putaran kedua sebagai upaya mencapai kesepakatan komprehensif di akhir Juli. Pembicaraan merupakan bagian dari upaya membatasi kegiatan kontroversial, pengayaan uranium Iran. Sebagai imbalannya, negara Barat akan mencabut sanksi ekonomi terhadap Iran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement