Selasa 15 Apr 2014 19:14 WIB

Duh, 3 Wartawan Tewas di Suriah

Rep: c70/ Red: Bilal Ramadhan
 Pemandangan kota yang hancur, penuh dengan puing-puing yang berserakan akibat perang saudara di kota Homs, Suriah, Ahad (9/3).  (Reuters/Thaer Al Khalidiya)
Pemandangan kota yang hancur, penuh dengan puing-puing yang berserakan akibat perang saudara di kota Homs, Suriah, Ahad (9/3). (Reuters/Thaer Al Khalidiya)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT-- Tiga wartawan yang bekerja pada Al - Manar TV Lebanon tewas pada Senin (15/4) setelah mobil yang mereka tumpangi ditembaki pejuang Hizbullah di kota Suriah di daerah Maaloula.

“Ketiga wartawan tersebut sedang bertugas dalam proses pengambilan gambar di kota bersejarah Kristen. Insiden tersebut terjadi saat tentara Suriah mencoba menjemput mereka,” kata salah seorang rekan dari stasun TV seperti dikutip Times of Israel, Selasa (15/4).

Pihak Al Manar mengidentifikasi ketiga wartawan tersebut sebagai reporter Hamza al - Haj Hassan, teknisi Halim Allaw, dan juru kamera Mohammed Mantash. Dalam indsiden penembakan itu, dua orang wartawan lainnya juga terluka.

Al Manar mengatakan bahwa sejumlah orang bersenjata menembaki mobil yang membawa kru. Hal itu ditunjukan dengan sebuah rekaman dari dua mobil yang telah membawa peralatan untuk melakukan siaran langsung.

Kelompok teroris Lebanon Hizbullah adalah sekutu setia Presiden Suriah, Bashar Assad. Atas dukungan dari pejuang Hizbullah, pemerintah Suriah pada Senin (15/4) menangkap setidaknya tiga masyarakat perbatasan, termasuk daerah Maaloula di utara Damaskus.

Observatorium Suriah mengatakan bahwa kru ditabrak oleh para penembak jitu. “Empat tentara Suriah tewas ketika mereka mencoba untuk menyelamatkan tim Al-Manar,” lanjut perwakilan dari observatorium Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement