Kamis 24 Apr 2014 13:41 WIB

Rekonsiliasi Palestina Rusak Perdamaian, Ini Alasannya Menurut AS

Jen Psaki
Foto: AP
Jen Psaki

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat, Rabu, memperingatkan bahwa kesepakatan untuk membentuk pemerintah persatuan Palestina dapat secara serius menghambat upayanya untuk mewujudkan kesepakatan perdamaian dengan Israel.

Setiap pemerintah Palestina harus memiliki komitmen "jelas" pada prinsip-prinsip non-kekerasan dan eksistensi Israel, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki, mengulang sikap lama Amerika Serikat.

"Ketiadaan komitmen yang jelas atas prinsip-prinsip tersebut, ini bisa dengan serius menyulitkan upaya kami untuk memperluas negosiasi," katanya kepada wartawan.

"Sulit untuk melihat bagaimana Israel bisa diharapkan untuk bernegosiasi dengan pemerintah yang tidak percaya pada hak untuk eksis."

Washington "kecewa" dan "terganggu" oleh pengumuman, Rabu, tentang upaya penyatuan antara Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) - yang diakui secara internasional sebagai satu-satunya wakil dari Rakyat Palestina - dan gerakan Islam Hamas yang menguasai Jalur Gaza, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement