Selasa 06 May 2014 14:04 WIB

Cina Harap Hubungan Militer dengan Iran Makin Erat

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Bilal Ramadhan
Bendera Cina dan Iran
Bendera Cina dan Iran

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING-- Menteri Pertahanan Cina Chang Wanquan mengatakan ingin mempererat hubungan militer dengan Iran, Senin, yang dikutip dari kantor berita Cina, Xinhua. Seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (5/5), Chang mengatakan kepada Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehqan perkembangan hubungan kedua negara positif dan stabil.

Hubungan bilateral juga diwarnai dengan pertukaran program dan kepercayaan politik yang dalam. Chang percaya hubungan milietr Cina dan Iran akan makin kuat dengan adanya kunjungan rutin yang intens dan latihan militer bersama.

Dehqan juga berharap kedua negara terus melanjutkan peran menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Cina adalah negara pemasok senjata bagi Iran. Bulan lalu Cina mengungkapkan kemarahannya setelah AS menuduh seorang pengusaha Cina menyediakan suku cadang rudal Iran.

Cina dan Iran memiliki hubungan di bidang perdagangan dan energi yang kuat. Berulang kali Cina menolak keinginan AS memberi sanksi ekonomi bagi Iran atas program nuklirnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement