Jumat 27 Jun 2014 11:05 WIB

Senjatai Pemberontak Suriah, Obama Cari Dana ke Kongres

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden AS, Barrack Obama.
Foto: AP
Presiden AS, Barrack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Presiden AS Barack Obama meminta Kongres menyetujui dana sebesar 500 juta dolar AS untuk melatih dan mempersenjatai pemberontak Suriah.

Menurut Gedung Putih, dana tersebut akan membantu oposisi Suriah melawan pasukan yang bersekutu dengan Presiden Bashar al-Assad. Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk melawan militan ISIL.

"Permintaan dana ini akan digunakan pemerintah untuk memperkuat oposisi Suriah yang moderat, baik sipil maupun bersenjata," kata Gedung Putih seperti dilansir dari BBC.

Dana tersebut akan membantu menstabilkan wilayah yang berada di bawa kendali oposisi dan melawan ancaman teroris, lanjutnya.

Para pemberontak yang akan menerima dana akan diperiksa terlebih dahulu sehingga mengurangi kekhawatiran peralatan tersebut jatuh ke tangan militan yang memusuhi AS dan sekutunya.

Aksi militan ISIL ini membuat Kongres menekan Obama agar segera bertindak. Puluhan ribu orang pun dilaporkan telah tewas dan jutaan lainnya telah mengungsi akibat perang saudara selama tiga tahun di Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement