Jumat 15 Aug 2014 10:29 WIB

Dokumentasi Suriah Lewat Film Notes From The Dark

Rep: Gita Amanda/ Red: Bilal Ramadhan
Tank pasukan Lebanon memasuki Kota Arsal dekat perbatasan Suriah di Lembah Bekaa.
Foto: EPA
Tank pasukan Lebanon memasuki Kota Arsal dekat perbatasan Suriah di Lembah Bekaa.

REPUBLIKA.CO.ID, ALEPPO-- Musim panas 2013, pembuat film Wojciech Szumowski dan Michal Przedlacki menghabiskan waktu hampir dua bulan di Aleppo, Suriah. Mereka mendokumentasikan perjuangan sehari-hari yang dihadapi warga sipil Suriah selama perang sipil berlangsung.

Hasilnya, sebuah film berjudul Aleppo: Notes from The Dark lahir. Film tersebut mengisahkan kehidupan warga sipil di tengah perang sipil yang terus berkecamuk di Suriah. Szumowski dan Przedlacki merangkum kehidupan Aleppo melalui perspektif tujuh penduduk, yang berjuang melawan berbagai kesulitan di bawah peperangan.

Ketujuh tokoh antara lain, seorang wartawan sosial, pedagang kaki lima, ulama, pengusaha, dokter dari rumah sakit di zona perang, pemilik toko serta orang biasa dengan harapan dan impian mengenai kebebasan. Di antara ledakan bom dan penembak gelap, ketujuh tokoh berbicara tentang revolusi Suriah dan harapan mereka untuk masa depan.

Film yang dibuat selama 44 hari ini menyajikan gambaran situasi dari garis depan peperangan, yang diselingi belajar Quran di sela-sela waktu luang para tokoh. Notes From The Dark juga menggambarkan bagaimana bantuan kemanusiaan untuk mereka yang membutuhkan didistribusikan, diantara kerusuhan dan protes jalanan.

Film yang dibuat pada musim panas 2013, ditengah bombardir pasukan Suriah, menampilkan gambaran kota Aleppo secara apa adanya. Melalui bahasa visual, pembuat film berupaya menggiring penonton melihat kondisi Aleppo 'secara langsung'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement